Kenaikan Pangkat Guru


Berdasarkan data guru tahun 2012 Provinsi Jambi, guru golongan ruang IV/a sebanyak 10.459 orang (22.71%), dan golongan ruang IV/b sebanyak 17 orang (0.04%) serta sebanyak 2 orang (0.004%) yang bergolongan ruang IV/c.

Guru golongan ruang IV/a tersebut merupakan jumlah terbesar dibandingkan dengan golongan ruang lainnya sehingga membutuhkan perhatian khusus terutama dalam hal kenaikan pangkat guru yang kebanyakan mentok pada golongan IV/a.

Sesungguhnya pemerintah telah memberikan perhatian khusus mengenal hal diatas yang dalam hal ini diwujudkan melalui kebijakan Permenegpan dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang kenaikan pangkat guru. Selanjutnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menindaklanjuti dengan memberikan kepercayaan kepada Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (selanjutnya disebut LPMP) Provinsi Jambi untuk memfasilitasi para guru dalam proses penilaian dan penetapan angka kredit.

Sebagai lembaga yang telah diberi amanat oleh Pusat (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), maka LPMP Provinsi Jambi melakukan tindak lanjut dan upaya melalui penyebaran informasi kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Dengan informasi sebagai berikut

  1. Mulai tahun 2013, guru yang akan naik pangkat setingkat lebih tinggi pada periode Oktober 2013 sudah menerapkan sistem angka kredit berdasarkan Pemenegpan dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 pasal 22 ayat (1) huruf e dan f, terhitung mulai 1 Oktober 2012 penilaian Karya Ilmiah Guru (Golongan III/b sampai dengan Gol. IV/e) disampaikan ke

Tim Penilai Pusat

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP)

Provinsi Jambi

Jalan HM. Yusuf Singadekane No.31, Telanaipura, Jambi

  1. Penetapan angka kredit guru berdasarkan Pemenegpan tersebut diatas di atur sebagai berikut
  2. Angkat kredit guru pertama, pangkat penata muda, golongan ruang III/a sampai dengan guru madya, pangkat pembina golongan ruang IV/a dilakukan oleh Tim Penilai Kabupaten/Kota.
  3. Angka kredit guru madya, pangkat pembina tingkat I, golongan ruang IV/b sampai dengan guru utama, pangkat pembina utama, golongan ruang IV/e dilakukan oleh Tim Penilai Pusat yang berkedudukan di LPMP Provinsi Jambi.

Pengajuan berkas usul penetapan angka kredit Gol. IV/b sampai dengan IV/e sebagaimana poin b tersebut diatas disampaikan ke LPMP Provinsi Jambi dengan melengkapi berkas sebagai berikut :

  1. DUPAK serta bukti fisik pelaksanaan tugas guru baik unsur utama maupun unsur penunjang.
  2. PAK Terakhir.
  3. SK Pangkat terakhir.
  4. DP3 1 tahun terakhir.
  5. Karpeg / konversi NIP
  6. Ijazah pendidikan terakhir yang belum pernah diajukan angka kreditnya dilengkapi dengan surat izin belajar.

Bagi yang tugas belajar dilengkapi dengan

  1. SK tugas belajar.
  2. SK Pembebasan sementara dari jabatan fungsional guru dan
  3. SK pengaktifan kembali dalam jabatan guru.
  4. Penyampaian berkas usul penilaian angka kredit tersebut paling lambat di terima :
  5. Untuk kenaikan pangkat periode April, berkas paling lambat di terima per 31 Desember
  6. Untuk kenaikan pangkat periode Oktober, berkas paling lambat di terima per 30 Juni.

Dengan memberikan fasilitasi ini, maka LPMP Provinsi Jambi berharap para guru tidak ada lagi yang mengalami kesulitan dalam pengembangan karir berupa kenaikan pangkat, dan diharapkan dapat memberikan motivasi kepada guru untuk melakukan pengembangan karir sehingga akan berdampak pada peningkatan mutu pendidikan

Sumber : http://www.lpmpjambi.org/index.php/artikel/37-lpmp-jambi-memfasilitasi-kenaikan-pangkat-guru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: