Tahap-Tahap Olimpiade Fisika


Seperti Olimpiade Sains lainnya (Matematika, Kimia, Biologi, Komputer, Astronomi), proses menjadi peserta Olimpiade Fisika Internasional harus melalu bebebarapa tahap, yakni:

1. Seleksi Fisika Tingkat Kabupaten/Kota
– Sekolah akan memilih [seleksi]  siswa-siswa SMA terbaik di bidangnya untuk mengikuti seleksi Olimpiade Fisika Tingkat Kabupaten (dilaksanakan di bulan April)
– Soal-soal Olimpiade Tk Kabupaten adalah soal fisika bidang Mekanika (Kinematika – Dinamika ; translasi dan rotasi). Masih terdapat angka

2. Seleksi Fisika Tingkat Provinsi
-Peserta pra-olimpiade yang lulus seleksi tingkat kabupaten/kota (batas nilai tertentu) berhak mengikuti seleksi Olimpiade Fisika Tingkat Provinsi (dilaksanakan bulan Juni)
– Soal-soal Olimpiade Tk Provinsi adalah soal fisika teori bidang Mekanika (Kinematika – Dinamika ; translasi dan rotasi). Lebih pada variable.

3. Seleksi Fisika Tingkat Nasional
– Peserta olimpiade fisika yang lulus seleksi tingkat provinsi (batas nilai tertentu atau perwakilan tiap provinsi) berhak mengikuti seleksi Olimpiade Fisika Tingkat Nasional (dilaksanakan Agustus/September di salah satu kota di Indonesia)
– Soal-soal Olimpiade Tingkat Nasional terdiri dari
* Soal Teori : Fisika Mekanika yang lebih kompleks + Listrik Magnet
* Soal Eksperimen : Fisika Mekanika

4. Seleksti 30 Besar Nasional
– Dari Olimpiade Fisika Tingkat Nasional, akan dipilih 30 peserta terbaik untuk dibina dan diseleksi di Pusat Pelatihan Olimpiade Fisika – Tangerang selama 4 minggu. (Oktober/November)
– Materi pelatihan 30 besar adalah Listrik dan Magnet
– Seleksi/tes akan dilakukan tiap akhir pekan

5. Seleksi Asian Physic Olympiad (APho)
– Dari 30 besar nasional, akan dipilih 8-10 untuk dibina selama [kurang lebih] 6 bulan untuk mewakili Indonesia dalam ajang Olimpiade Fisika Tingkat Asia Pasific yang diselenggarakan di negara-negara APhO.
– Materi meliputi semua bidang Fisika [Mekanika, Listrik-Magnet, Termodinamika, Osilasi Gelombang, Optik, dan Fisika Modern/Kuantum]
– Soal Olimpiade:
* 3 buah soal teori
* 2 buah soal eksperimen

6. Seleksi Olimpiade Fisika Internasional (IPhO)
– Peserta terbaik di ajang Olimpiade Fisika Asia akan dipilih mewakili Indonesia dalam ajang kompetisi Fisika SMA paling gengsi di dunia yakni Olimpiade Fisika Internasional / International Physic Olympiad di salah satu negara IPhO.
– Indonesia akan mengirimkan 5 siswa terbaik Fisika di ajang ini
– Jenis dan jumlah soal sama dengan APhO.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: